Admin 2024-07-18
Kasubbag Tata Usaha, Kepegawaian, Perlengkapan dan Umum Ibu Purwanti, A.Md didampingi Admin/Operator SP4N-Lapor menghadiri kegiatan Lokakarya Pembentukan dan Peningkatan Kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) / Publik Akuntabilitas dan Sosial Inklusi (PASI) yang dilaksanakan oleh USAID IUWASH Tangguh pada tanggal 18 Juli 2024 di Hotel Mercure Pontianak City Center dan tanggal 19 Juli 2024 di Desa Kuala Dua (simulasi lapangan).
USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) adalah proyek lima tahun untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman, serta perilaku higiene (WASH) di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat layanan WASH dan pengelolaan sumber daya air (PSDA) yang berketahanan iklim.
Lokakarya ini juga mengedukasi masyarakat khususnya di daerah binaan USAID IUWASH Tangguh di Kabupaten Kubu Raya untuk memperkenalkan aplikasi SP4N-Lapor terkait tugas dan fungsi KIM yang pada kali ini baru Desa Kuala Dua, Desa Kapur, Desa Mekar Baru Kecamatan Sungai Raya dan Desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap yang menjadi daerah binaan.
KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melalui melakukan kegiatan pengelolaan informasi, sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat.
Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Standar Pelayanan Masyarakat (SPM) dengan meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah kepada masyarakat dan sebaliknya, terutama dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait aspek-aspek
di bidang sanitasi, air minum, pengelolaan sumber daya air dan gender yang berpotensi untuk dilaporkan
melalui aplikasi SP4N-Lapor!.
SP4N-Lapor! sendiri merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik, jadi kalau kalian ada pengaduan atau aspirasi bisa disampaikan di www.lapor.go.id ya!!